manager Suka jalan-jalan dan bertaman, berusaha menikmati hidup dengan tidak terlalu mau berfikir berat. Sesuai motto just enjoy your life, enjoy what you were doing :)

Upah Buruh Harian Lepas

Daftar Upah Buruh ZHarian Dan Tenaga Kontrak

Menjadi seorang pekerja di sektor apapun pada masa ini tentu akan sangat membantu sekali menambah penghasilan untuk menutupi pengeluaran harian kita, apalagi ditengah kondisi pandemi yang masih belum pasti kapan semuanya akan berakhir. Buruh harian lepas salah satunya, ada banyak sekali pekerjaan yang termasuk dalam sektor pekerjaan ini diantaranya adalah, kuli bangunan harian, pembantu rumah tangga, jasa ataupun bidang yang menggunakan tenaga manusia sebagai keahlian utamanya. Upah dan gaji sehari di tiap daerahpun tentu berbeda-beda menyesuaikan dengan UMR dan kebijakan di daerah tempat orang tersebut bekerja. Nah berikut ini adalah beberapa informasi mengenai buruh harian lepas dan upahnya lengkap versi daftargaji.com yang mungkin bisa bermanfaat buat anda para pembaca.

Pengertian Buruh Harian Lepas

Buruh Harian Lepas adalah orang yang melakukan pekerjaan tertentu yang dalam hal waktu, volume, dan upahnya didasarkan pada kehadiran. Kemudian jika pekerja/buruh bekerja 21 (dua puluh satu) hari atau lebih selama 3 (tiga) bulan berturut-turut atau lebih maka perjanjian kerja harian lepas berubah menjadi PKWTT.
Jika merunut versi wikipedia maka :
Pekerja Harian Lepas (PHL) adalah untuk pekerjaan tertentu yang berubah-ubah dalam hal waktu dan volume pekerjaan. Upah ini diberikan didasarkan pada kehadiran pekerja per harinya. Untuk pemberiannya, biasanya diberikan per hari, atau ada juga yang diberikan per minggu.

Pengertian Kerja Harian

Pekerja harian dipekerjakan untuk pekerjaan tertentu yang berubah-ubah dalam hal waktu dan volume pekerjaan serta pembayaran upah didasarkan pada kehadiran. Artinya seseorang akan dibayar sesuai dengan tingkat kehadirannya per hari.

Pekerjaan Yang Termasuk Buruh Harian

Beberapa pekerjaan yang termasuk dalam kategori buruh harian atau pekerja harian lepas adalah :

  • Buruh Cuci / Pembantu Rumah Tangga Panggilan
  • Buruh / Kuli Bangunan
  • Jasa / Tenaga Yang Bisa Dipanggil Harian

Istilah “buruh” berkonotasi sebagai pekerja kasar dan lebih menggunakan tenaga (otot) daripada otak dalam bekerja, misalnya buruh tani, kuli bangunan, tukang kayu, tukang batu, dan tenaga kerja bongkar muat pelabuhan.

Perbedaan Buruh Vs Karyawan

Buruh adalah orang yang bekerja untuk orang lain, sedangkan karyawan bekerja untuk suatu lembaga atau instansi atau perusahaan. Jika melihat pengertian tersebut maka buruh itu ada majikan nya berupa persorangan sedangkan karyawan terikat kontrak dengan lembaga atau instansi.

Sistem Kerja Buruh Harian

Perjanjian kerja harian lepas dilakukan dengan ketentuan pekerja/buruh bekerja kurang dari 21 hari dalam 1 bulan; Dalam hal pekerja/buruh bekerja 21 hari atau lebih selama 3 bulan berturut-turut atau lebih maka perjanjian kerja harian lepas berubah menjadi Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tidak Tertentu.

Yang Termasuk Golongan Pekerja Buruh Harian

Tenaga kerja buruh harian adalah penduduk yang telah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja atau aktif mencari kerja, yang masih mau dan mampu untuk melakukan pekerjaan. Tenaga kerja adalah faktor produksi yang sangat penting bagi setiap negara, di samping faktor alam dan faktor modal.

Buruh Kerja Harian Dan PKWT

Pekerja harian lepas merupakan karyawan yang dipekerjakan berdasarkan PKWT dan diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP-100/MEN/VI/2004 Tahun 2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (Kepmenakertrans 100/2004).  Jangan lupa simak gaji PNS di kemenaker juga disini ya.
Perjanjian Kerja Harian Lepas atau PKHL merupakan pernjanjian yang termasuk dalam PKWT. PKHL sendiri mencakup pekerjaan yang berubah-ubah dalam hal waktu dan volume pekerjaan.

APA SAJA ISI DARI PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (PKWT) ?

Rumus Perhitungan Gaji Buruh Harian

Berdasarkan formula perhitungan yang sudah disebutkan diatas, maka upah per jam sama dengan upah sebulan dibagi 126. Misalnya saja, Jika seorang buruh paruh waktu memiliki penghasilan mengikuti upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar Rp4.400.000, maka perhitungan upah per jamnya adalah Rp4.400.000 : 126 = Rp34.940 per jam.

Apakah Pekerja Harian Dapat Lembur?

Jam kerja harian yang dimaksud adalah 7 jam sehari (40 jam seminggu) untuk yang bekerja 6 hari seminggu, atau 8 jam sehari (40 jam seminggu) untuk yang bekerja 5 hari seminggu. Waktu lembur tidak boleh melebihi 3 jam per hari, kecuali pada hari istirahat mingguan atau hari libur resmi.\

Istilah buruh sudah dihapuskan?

Pada tahun 1985, Kongres II Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI) resmi mengganti kata buruh dengan pekerja. Mereka memutuskan mengubah nama menjadi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Istilah buruh diganti dengan pekerja karena buruh dinilai memiliki citra menentang kekuasaan.

Cara Menghitung Upah Buruh Harian Di Kota Anda

Perhitungan upah bagi pekerja harian lepas adalah besar upah minimum (UMK/UMSK) dibagi 21 hari kerja. Contoh: UMSK sebesar Rp4.800.000, maka perhitungan upah pekerja harian adalah: (4.800.000 : 21) = Rp228.571,429, sebaiknya dibulatkan menjadi Rp228.600, sehingga tidak sampai jatuh di bawah ketentuan upah minimum.

Nah berdasarkan informasi yang sudah kami jelaskan diatas, maka tentunya setiap daerah bisa bervariasi upah buruh harian nya, tentunya dengan cara diatas anda sudah bisa menghitung sendiri bagaimana sistem kerja buruh harian yang anda gunakan begitu juga dengan besar tarifnya.

Semoga sedikit informasi tentang buruh harian lepas ini membawa manfaat buat anda ya teman-teman, nantikan informasi berikutnya dari kami.

manager Suka jalan-jalan dan bertaman, berusaha menikmati hidup dengan tidak terlalu mau berfikir berat. Sesuai motto just enjoy your life, enjoy what you were doing :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.