manager Suka jalan-jalan dan bertaman, berusaha menikmati hidup dengan tidak terlalu mau berfikir berat. Sesuai motto just enjoy your life, enjoy what you were doing :)

Beda Donasi Online Terpercaya dan Bohongan, Jangan Sampai Salah!

Banyak masyarakat yang menyalurkan donasi secara online dengan alasan lebih praktis dan mudah. Namun, benarkah donasi online lebih aman dari donasi konvensional? Baik secara online maupun konvensional, Anda harus lebih berhati-hati dalam berdonasi. Jangan sampai niat baik Anda untuk berbagi justru berujung dengan penipuan. Untuk membedakan situs donasi online indonesia terpercaya dan bukan, sebaiknya pahami beberapa hal berikut.

  • Nama Domain yang Digunakan

Sama seperti penipuan via SMS, lembaga penyalur donasi yang tidak kredibel maupun ‘fiksi’ biasanya membuat situs dengan nama domain murah untuk mengelabui calon donatur. Nama domain yang digunakan biasanya juga terdengar asing dan tidak lazim. Jangan mudah terkecoh dengan hal tersebut jika tidak ingin data pribadi Anda bocor dan donasi raib.

  • Hati-hati dengan Spam E-mail untuk Donasi

Ada banyak cara yang dilakukan oleh lembaga penyaluran donasi abal-abal, salah satunya dengan mengirim e-mail spam berisi ajakan berdonasi. Biasanya, calon donatur akan diarahkan ke situs donasi online indonesia

Pada tahap ini sebaiknya Anda berhati-hati, karena bisa jadi latar belakang dan calon penerima donasi yang tercantum pada website hanyalah sebatas formalitas. Bahkan, tidak sedikit lembaga penyalur donasi abal-abal yang membuat situsnya semirip mungkin dengan situs lembaga penyalur donasi yang kredibel.

  • Situs Tidak Aman

Saat mengakses situs untuk donasi online, sebaiknya Anda memperhatikan keamanannya. Hal ini bisa Anda lihat di samping kolom URL. Situs yang tidak aman biasanya akan muncul tanda peringatan berwarna merah disertai dengan keterangan not secure. Sementara situs yang aman akan muncul tanda gembok berwarna hijau.

  • Laporkan Jika Ada yang Mencurigakan

Jika ada sesuatu yang janggal dari lembaga penyaluran donasi, Anda bisa membuat laporan ke pihak berwajib. Jika Anda sudah terlanjur mengisi data diri ke situs palsu tersebut, sebaiknya segera buat laporan ke bank agar melakukan pemblokiran kartu dan memberikan informasi terkait transaksi yang mencurigakan dari rekening Anda.

Baca Juga :  Investasi Dan Pembelajaran Pengelolaan Keuangan

Jika ingin melakukan donasi secara online, pastikan Anda memilih situs terpercaya yang sudah jelas lembaganya dan menjamin keamanan dalam bertransaksi.

manager Suka jalan-jalan dan bertaman, berusaha menikmati hidup dengan tidak terlalu mau berfikir berat. Sesuai motto just enjoy your life, enjoy what you were doing :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.