manager Suka jalan-jalan dan bertaman, berusaha menikmati hidup dengan tidak terlalu mau berfikir berat. Sesuai motto just enjoy your life, enjoy what you were doing :)

Formasi Dan Cara Daftar CPNS 2022 Lulusan SMA Dan S1

Keuntungan Dan Persyaratan Menjadi Seorang PNS

Mempunyai pekerjaan tetap adalah harapan semua orang, terlebih lagi banyak keuntungan yang kita dapatkan dari pekerjaan tersebut. Salah satunya adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena kita tahu bahwa menjadi PNS merupakan pekerjaan yang terbilang aman dan stabil. Dan tentu saja posisi menjadi PNS banyak diperebutkan masyarakat yang baru lulus sekolah ataupun bagi mereka yang masih menjadi tenaga honorer. Kita juga pasti tahu untuk menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tidaklah mudah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peserta CPNS. Namun sebelum kita membahas tentang persyaratan pendaftaran menjadi CPNS, sebenarnya apa saja sih keuntungan yang akan kita dapatkan setelah menjadi PNS nanti.

Cara Dan Persyaratan CPNS Lulusan SMA
Syarat Dan Cara Mendaftar CPNS Untuk Lulusan SMA Dan S1 : Daftargaji.com

Berikut Beberapa Keuntungan Dan Fasilitas Menjadi PNS :

     1. Penghasilan Tetap

Keuntungan pertama yang akan didapatkan menjadi PNS adalah penghasilan yang tetap. Berbeda ketika menjadi karyawan sebuah perusahaan / wiraswasta, pendapatan kita tentu saja tidak stabil dan tergantung dari pendapatan / kondisi perusahaan / usaha yang kita jalani. Namun setiap ASN (Aparatur Sipil Negara) memiliki gaji pokok yang berbeda – beda, sebab gaji PNS disesuaikan dengan golongan yang bersangkutan. Gaji untuk PNS saat ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019.

Beberapa rincian Komponen Gaji  PNS sebagai berikut :

I . Gaji Pokok PNS sesuai Golongan :

Golongan I (lulusan SD dan SMP)

  • Golongan I A : Rp 1.560.800 – Rp 2.335.800
  • Golongan I B : Rp 1.704.500 – Rp 2.472.900
  • Golongan I C : Rp 1.776.600 – Rp 2.577.500
  • Golongan I D : Rp 1.851.800 – Rp 2.686.500

Golongan II (lulusan SMA dan D3)

  • Golongan II A : Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600
  • Golongan II B : Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300
  • Golongan II C : Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000
  • Golongan II D : Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000

Golongan III (lulusan S1 sampai S3)

  • Golongan III A : Rp 2.579.400 – Rp 4.236.400
  • Golongan III B : Rp 2.688.500 – Rp 4.415.600
  • Golongan III C : Rp 2.802.300 – Rp 4.602.400
  • Golongan III D : Rp 2.920.800 – Rp 4.797.000

Golongan IV

  • Golongan IV A : Rp 3.044.300 – Rp 5.000.000
  • Golongan IV B : Rp 3.173.100 – Rp 5.431.900
  • Golongan IV C : Rp 3.307.300 – Rp 5.431.900
  • Golongan IV D : Rp 3.447.200 – Rp 5.661.700
  • Golongan IV E : Rp 3.593.100 – Rp 5.901.200

II. Tunjangan Profesi

Selain mendapatkan gaji pokok seperti tersebut di atas , sebagai PNS juga akan mendapatkan tunjangan profesi bagi mereka yang berprofesi seperti Guru, Dokter dan Dosen. Namum besaran dari tunjangan profesi ini tergantung dari besaran gaji pokok yang didapatkan. Untuk mendapatkan tunjangan profesi, seorang PNS harus terlebih dahulu mendapatkan sertifikasi profesi.

III. Tunjangan Kinerja

Tidak hanya gaji pokok dan tunjangan profesi, pendapatan lain dari seorang PNS adalah mendapatkan tunjangan kinerja. Jumlah besaran pendapatan tunjangan kinerja setiap PNS akan berbeda – beda, tergantung dari tingkatan golongan PNS yang bersangkutan. Tunjangan kinerja akan diberikan setiap bulan kepada PNS bersamaan dengan gaji pokok.

IV. Tunjangan Keluarga

Tunjangan keluarga diberikan kepada PNS yang sudah berkeluarga, terdiri dari tunjangan suami/istri dan tunjangan anak (maksimal dua anak) dengan besaran 10 % dan 2 % dari gaji pokok.

V. Tunjangan Beras

Tunjangan beras diberikan kepada PNS dan keluarganya dalam bentuk uang sebanyak 10kg/orang.

VI. Tunjangan Pajak

Tunjangan Pajak diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang Pajak Penghasilan ( PPh ).

     2. Terbebas dari PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja )

Selain mendapatkan penghasilan tetap dengan berbagai tunjangan yang diperoleh, keuntungan lain yang tidak kalah menarik adalah seorang PNS bebas dari kemungkinan PHK. Hal ini dikarenakan seorang PNS mempunyai peran penting dalam melayani masyarakat dimana mereka akan selalu dibutuhkan.

Namun beberapa kondisi yang dapat membuat seorang PNS dicabut dari jabatannya adalah ketika mereka melanggar aturan yang ada dalam pemerintahan sampai dengan berbuat tindak pidana. Selain itu dalam kasus – kasus tertentu yang mendesak, dalam sebuah kementerian ataupun lembaga non negara yang dibentuk pemerintah bisa saja dibubarkan dikarenakan kebijakan pemerintah. Hanya saja jika hal itu terjadi, para PNS yang bekerja di lembaga tersebut akan dipindahkan ke lembaga lain yang masih beroperasi dengan baik.

Jika seorang PNS ada yang masuk ke ranah politik seperti mencalonkan diri sebagai kepala negara, kepala daerah, menjadi perwakilan DPR/DPD maupun bergabung partai politik maka ada pencabutan status PNSnya.

     3. Jenjang karir yang jelas

Jenjang karir seorang PNS sudah pasti jelas karena hal tersebut sudah diatur oleh negara dalam perundang – undangan. Peningkatan jabatan sudah pasti dibarengi dengan dengan semakin meningkatnya gaji, tunjangan, berbagai fasilitas yang didapatkan.

     4. Tunjangan Pensiun

Sebagai seorang PNS yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan negara , tentu saja negara juga memberikan jaminan kelangsungan hidup para PNS menjelang masa pensiun mereka. Walaupun sudah tidak aktif dalam melayani masyarakat, pemerintah akan tetap memberikan gaji pokok bulanan bagi para PNS yang sudah pensiun, hal ini sesuai dengan ketentuan undang -undang. Dan juga bagi mereka istri/suami pensiunan PNS tetap akan mendapatkan tunjangan pensiun dari istri/suami setelah meninggal.

     5. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Salah satu keuntungan lain yang didapatkan menjadi PNS adalah mendapatkan sarana fasilitas rumah dinas dan kendaraan operasional kerja. Tentu saja fasilitas ini sangat menguntungkan bagi PNS meskipun tidak semua PNS bisa mendapatkannya, hanya mereka yang berprestasi saja dan memiliki jabatan strategis.

     6. Mudah Melanjutkan Pendidikan

Menjadi PNS memang sangat menjanjikan, apalagi bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena pemerintah memberikan beasiswa kepada para PNS yang ingin melanjutkan studi mereka, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tentu saja kesempatan mendapatkan beasiswa dibarengi dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah harus sudah bekerja selama minimal dua tahun dan mendapatkan persetujuan dari pimpinan tempat mereka bekerja.

Tidak hanya pendidikan formal saja, akan tetapi menjadi seorang PNS juga dapat menimba ilmu lebih banyak lagi melalui berbagai acara seperti seminar, diklat dan acara pelatihan lainnya. Lembaga atau instansi tempat PNS bekerja akan membiayai semua pengeluaran yang berkaitan dengan acara tersebut dan ini sangatlah menguntungkan PNS.

Baca Juga :  Valuta Asing, Pengertian, Istilah, FAQ

     7. Mudah Mendapatkan Pinjaman Uang di Bank

Keuntunganl lainnya menjadi PNS adalah kemudahan mendapatkan pengajuan pinjaman ke bank dengan menggunakan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS. Mereka cukup memberikan SK pengangkatan PNS ke lembaga bank dan akan segera diproses oleh pihak yang bersangkutan dan cicilan dari uang pinjaman tersebut akan dipotongkan dari gaji setiap bulannya.

Hal inilah yang kemudian banyak menjadi semacam impian banyak orang karena mudahnya mendapatkan pinjaman di bank hanya dengan menjadikan “surat sakti” berupa SK yang dijadikan sebagai agunan di bank tanpa perlu berpusing-pusing ria karena sudah otomatis terpotong dari gaji di setiap bulannya.

     8. Kesempatan Pindah Lokasi atau Instansi

Tidak seperti pegawai swasta yang harus mengajukan resign untuk bisa berpindah lokasi kerja atau instansi, karena menjadi PNS mereka dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk berpindah lokasi atau mengabdi pada instansi lain tanpa harus khawatir akan pemberhentian kerja. Tentu saja proses pengajuan berpindah lokasi kerja atau instansi membutuhkan waktu yang lumayan lama dan membutuhkan dokumen – dokumen yang banyak. Banyak ASN yang mendapatkan lokasi penempatan kerja yang jauh dari daerah asalnya kemudian menggunakan fasilitas ini untuk pengajuan pindah kerja yang dekat dengan daerah asal atau yang dekat dengan sanak familinya.

     9. Jam Kerja Pasti

Menjadi PNS jam kerja yang mereka lewati sudah jelas dan pasti sehingga mereka bisa menjadwal kegiatan lain diluar jam kerja. Walaupun jam kerja tersebut tergantung dari jam operasional masing – masing instansi, tetapi secara umum para PNS mulai bekerja dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00. Jam kerja mereka masuk pada hari senin sampai jumat dan hari sabtu serta minggu mereka libur sehingga waktu senggang tersebut dapat dipergunakan untuk kepentingan pribadi dan berkumpul bersama keluarga tersayang.

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan seorang PNS seperti beberapa yang sudah kita bahas di atas, lalu siapa saja sih yang bisa mendaftarkan diri menjadi CPNS ? apakah kita harus berpendidikan tinggi saja yang bisa menjadi CPNS ? Tenang saja buat kalian yang hanya memiliki ijazah SMA / SMK sederajat , karena pemerintah tidak tebang pilih dengan ijazah kelulusan meskipun kalian cuma punya ijazah sampai SMA saja tapi bisa mengikuti seleksi menjadi CPNS.

Sebelum kita bahas persyaratan dan cara mendaftar menjadi CPNS buat kalian lulusan SMA /SMK sederajat, terlebih dahulu kita akan bahas instansi mana saja yang menampung formasi untuk lulusan SMA / SMK sederajat.

Formasi CPNS Untuk SMA / SMK
Formasi Penerimaan CPNS Berbagai Kementerian Untuk Lulusan SMA / SMK

Berikut ini daftar Instansi terkait yang menyediakan formasi CPNS untuk lulusan SMA dan SMK sederajat :

     1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka formasi bagi mereka yang lulusan SMA / SMK sederajat dengan beberapa jabatan Pemula Pengendali Ekosistem Hutan dan Pemula Polisi Kehutanan. Gaji bulanan yang ditawarkan oleh salah satu lembaga kementerian pemerintah ini terbilang cukup tinggi, selengkapnya tentang gaji bulanan dinas KLHK bisa disimak disini.

     2. Kementerian Hukum dan HAM (Hak Asasi Manusia)

Pada seleksi CPNS tahun 2021, Kementerian Hukum dan HAM membuka lowongan CPNS kepada mereka yang lulusan SMA / SMK sederajat sebagai Penjaga Tahanan sebanyak 3.876 formasi dan Pemeriksa Keimigrasian sebanyak 96 formasi. Nah pada tahun 2022 ini kemungkinan masih terbuka lebar peluang yang sama untuk mendaftar di lembaga ini dengan formasi yang tidak jauh berbeda. Simak besaran gaji pns kemenkumham disini ya.

     3. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA /SMK sederajat dengan jabatan sebagai Tenaga Administrasi Penanganan Perkara sebanyak 496 formasi dan sebagai Pengawal Tahanan/Narapidana sebanyak 494 formasi.

     4. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Walaupun tidak banyak seperti kementerian lainnya, Kementerian Pertahanan dibawah komando bapak prabowo subianto sebagai menteri pertahanan Indonesia juga membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA /SMK sederajat dengan jabatan sebagai pengemudi/driver ambulans sebanyak 2 formasi dan sebagai Pemula Kataloger sebanyak 17 formasi. Manfaatkan betul peluang penerimaan CPNS di kemenhan ini ya.

     5. Kementerian Perhubungan ( Kemenhub )

Kementerian Perhubungan juga ambil bagian dari membuka kesempatan lowongan CPNS lulusan SMA / SMK sederajat walaupun jumlah formasi yang ada cukup terbatas di setiap jabatan, namun cukup banyak secara keseluruhan dibuka sebanyak 684 formasi CPNS yang ada. Gaji dan fasilitas ASN di kemenhub ini terbilang sangat menggiurkan untuk para fresh graduate ya. Manfaatkanlah peluang yang ada mumpung penerimaan sedang dibuka karena peluang CPNS di kemenhub ini terbilang sedikit.

     6. Badan Intelijen Negara (BIN)

Badan Intelijen Negara juga membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA / SMK sederajat seperti pada Pengumuman Nomor : Peng-03/VI/2021 tentang Seleksi Penerimaan CPNS BIN Tahun Anggaran 2021. Jabatan yang dibuka adalah sebagai Pengadministrasi Rekam Medis dan Informasi sebanyak 15 formasi , jabatan sebagai Pramu Laboratorium sebanyak 13 formasi.

     7. Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian membuka lowongan CPNS tertuang dalam Pengumuman Nomor : B-1557/Kp.110/A2/06/2021 tentang Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Sipil Kementan RI Tahun Anggaran 2021. Menjadi PNS di kementan RI tentu merupakan sebuah impian bagi para lulusan terkait dikarenakan fasilitas dan tunjangan kerja yang sangat baik di lembaga ini.

     8. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memberikan kesempatan kepada lulusan SMA / SMK sederajat untuk berkarir di instansi pemerintahan sebagai PNS . Pada tahun 2021 secara keseluruhan KKP membuka 382 formasi CPNS dan sebanyak 67 di antaranya ditujukan kepada lulusan SMA /SMK sederajat,sedangkan sebagian besar dari lowongan di KKP memiliki syarat pendidikan lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah ( SUPM ).

     9. Badan Keamanan Kelautan (Bakamla)

Badan Keamanan Kelautan membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA /SMK sederajat sebanyak 121 formasi seperti terlampir pada Pengumuman Nomor : 001/KP.04.01/VI/2021 tentang Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Keamanan Kelautan RI Tahun Anggaran 2021.

     10. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Basarnas membuka lowongan sebanyak 246 CPNS dengan lulusan SMA /SMK sederajat seperti tertera pada PENG.06/KP.01.02/VI?BSN-2021 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Cara Mendaftar CPNS untuk lulusan SMA dan SMK sederajat

Buat kalian yang tertarik untuk mengikuti ujian CPNS meskipun mengandalkan ijazah SMA / SMK sederajat saja ,proses pelaksanaan pendaftaran CPNS dilakukan dengan sistem SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara). Syarat umum mengikuti ujian CPNS  adalah batas usia peserta minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau 40 tahun bagi yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Spesialis Gigi, serta tidak pernah terkait hukum dipidana penjara terkait putusan pengadilan.

Berikut ini tatacara pendaftaran, persyaratan serta tahap seleksi sampai hasil kelulusan untuk menjasi CPNS bagi lulusan SMA / SMK sederajat :

     1. Pendaftaran

Daftar Akun :

  • Akses Portal resmi SSCASN di http://sscasn.bkn.go.id saat pembukaan Seleksi Penerimaan CPNS.
  • Buat Akun SSCASN.
  • Login ke Akun SSCASN yang telah dibuat.
  • Lengkapi biodata dan unggah swafoto.

Daftar Formasi :

  • Pilih jenis seleksi : CPNS
  • Pilih Formasi SMA dan SMK yang dibuka.
  • Unggah Dokumen yang diperlukan termasuk ijazah SMA dan foto yang sesuai syarat ukuran dan format dokumen.
  • Cek Resume dan akhiri pendaftaran.
  • Cetak Kartu Informan Akun dan Kartu Pendaftaran Akun.

     2. Persyaratan Dokumen Umum

  • Ijazah dan Transkrip Nilai.
  • Salinan Sertifikat atau Ijazah Komputer.
  • Salinan Akta Kelahiran.
  • Salinan Identitas ( KTP atau Surat Keterangan )
  • Curriculum Vitae ( CV ) atau Daftar Riwayat Hidup.
  • Pas Foto ukuran 3×4
  • Surat Lamaran Kerja
  • Surat Pernyataan Penempatan Dimanapun.

Setiap formasi atau instansi mungkin memiliki persyaratan khusus yang akan ditambahkan pada dokumen sesuai bidang atau keahlian yang dibutuhkan.

     3. Tahap Seleksi

A. Seleksi administrasi :

  • Panitia memverifikasi data pelamar.
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi.
  • Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah Hasil Seleksi Administrasi.
  • Pengumuman Hasil Sanggahan.
  • Cetak Kartu Ujian untuk pelamar yang lulus.

B. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  • Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar.
  • Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar.
  • Ujian Seleksi Kompetensi Bidang untuk mereka yang lulus .

C. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

  • Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang.
  • Pengumuman Ujian Seleksi Kompetensi Bidang.

     4. Pengumuman Kelulusan

  • Pengumuman Hasil Integrasi SKD dan SKB.
  • Pelamar yang tidak lulus dapat menyanggah Hasil Integrasi SKD dan SKB.
  • Pengumuman oleh panitia mengenai Hasil Integrasi SKD dan SKB ( pengumuman bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat ).
  • Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan Pemberkasan.

Untuk pendaftaran dan persyaratan bagi kalian yang lulus Perguruan Tinggi tidak jauh berbeda dengan yang sudah diulas di atas, hanya saja mungkin ada beberapa persyaratan tambahan dari intansi terkait dan jabatan yang diberikan mungkin lebih spesifik dan menjanjikan. Sebagai penutup silahkan juga disimak ya salah satu video yang kami dapatkan dari youtube tentang seleksi penerimaan cpns 2022, semoga bermanfaat

Semoga informasi yang kami sajikan di Daftargaji.com ini membawa manfaat buat kalian ya guys yang hendak mencoba peruntungan menjadi seorang abdi negara.

manager Suka jalan-jalan dan bertaman, berusaha menikmati hidup dengan tidak terlalu mau berfikir berat. Sesuai motto just enjoy your life, enjoy what you were doing :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.